Menpora Dito Ariotedjo : Cabor E-Sport Perdana Cabor Resmi PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Bawa Indonesia Di Pentas E-Sport Dunia

Medan, Delapanplus.com –

Setelah Cabor E-Sport Resmi Perdana di Cabor PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di Medan International Convention Center (MICC) Kota Medan, Sumatera Utara (13/9) malam, menegaskan bahwa melalui PON ini PB ESI optimis akan lahir atlet – atlet yang memiliki prestasi luar biasa di bidang ini yang kelak akan membawa nama bangsa Indonesia dalam pentas E-Sport Dunia.

“Ini merupakan perkembangan yang sangat baik dan saya rasa ini momentumnya pas. Setidaknya dua tahun yang akan datang akan ada Olimpic E-Sport Series. PB ESI diharapkan menyiapkan timnas E-Sportnya untuk mengikuti Olimpiade Khusus E-Sport tersebut, ” kata Menpora Dito Ariotedjo dalam sambutannya.

Dari ajang PON seperti inilah menjadi momentum dimana pemerintah, Kemenpora, PB ESI bisa mencari potensi talenta-talenta muda yang akan kita siapkan untuk bersaing di kancah dunia, jelas Menpora Dito Ariotedjo.

Sebelumnya pada PON XX di Papua, Cabang Olahraga (Cabor) E-Sport menjadi Cabor Exhibisi, maka perdana pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut Cabor E-Sport menjadi Cabor Resmi, demikian dijelaskan

Perlu diketahui, Indonesia telah sering Juara Umum dan beberapa minggu sebelumnya atlet muda Indonesia juga telah menjadi Juara Dunia FIFA E-Sport Manager. Oleh karenanya pemerintah menargetkan saar Olimpic E-Sport Series diadakan perdana, Indonesia harus bisa meraih emas yang banyak, karena kita juga sudah sering juara umum, ujar Menpora Dito Ariotedjo.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunar Wibowo melaporkan, pada E-Sport PON XXI/2024 Aceh-Sumut terdapat 5 (Lima) Nomor yang dipertandingan yakni Mobil Legend Bang-bang, Free Fire, PUBG Mobile, E-Football dan Loka Pala.

Perlu diketahui, Loka Pala sendiri saat ini sudah di download lebih dari 1 juta pengguna dan dimainkan secara aktif sebanyak 350 ribu pengguna setiap bulannya atau meningkat 250% sejak PON XX di Papua,” ujarnya.

Sedangkan game Batle of Guardian sebagai game lokal yang semenjak dirilis diikutsertakan sebagai Game Ekshibisi Piala Presiden Tahun 2022 hanya diikuti 50 pemain perhari saat itu. Sekarang berkembang mencapai 290 ribu lebih di download dan dimainkan lebih dari 1.000 pemain per hari atau mencapai 30 ribu lebih pemain perbulan atau peningkatannya hampir mencapai 12.000%.

)**Yuri Pribadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *