Penetapan Peparnas XVII 2024 di Solo Pertimbangkan Kesiapan Sarana dan Prasarana Dinilai Lebih Memadai

Surakarta, Delapanplus.com –

Penetapan pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo, Jawa Tengah dari Sumatera Utara dilakukan mempertimbangkan kesiapan sarana dan prasarana. Meskipun Sumatera Utara awalnya ditunjuk, kesiapan Solo dinilai lebih memadai untuk mendukung penyelenggaraan ajang paralimpik nasional tersebut, demikian disampaikan Asisten Deputi Standardisasi, Akreditasi, Sertifikasi, Prasarana, dan Sarana Olahraga Kemenpora, Anwar, di Media Center, Hotel The Royal Surakarta Heritage, Solo, Jawa Tengah (8/10).

Perlu diketahui, Peparnas selalu digelar bersamaan dengan PON, namun karena kesiapan Sumatera Utara tidak memungkinkan, Solo menjadi pilihan yang lebih layak untuk mendukung penyelenggaraan Peparnas, lanjut Anwar.

Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 sekaligus momentum peran aktif pemerintah Indonesia mendukung konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mewujudkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Disisi lain, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, pun menegaskan bahwa Kemenpora memutuskan untuk memindahkannya ke Surakarta dari Sumatera Utara, lantaran berbagai kendala tersebut. Dan keputusan ini juga mendapat dukungan penuh dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal ASEAN Para Sport Federation (APSF), Wandee Tosuwan, mengapresiasi peningkatan fasilitas olahraga di Indonesia, khususnya di Solo, yang mengalami perkembangan signifikan dalam dua tahun terakhir. Sekaligus perubahan tersebut menunjukkan kesiapan Indonesia untuk menggelar event olahraga besar di masa depan.

“Saya pernah mengunjungi Indonesia dua tahun lalu, dan kali ini saya melihat perubahan yang sangat drastis dari segi peningkatan fasilitas, khususnya di Solo. Harapannya, dengan kesiapan dan fasilitas yang terus meningkat ini, Indonesia dapat menyelenggarakan lebih banyak event internasional ke depannya,” ujar Wandee Tosuwan.

)**Yuri Pribadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *