delapanplus.com – Lembata,

Kapolres Lembata, AKBP Dr. Josephine Vivick Tjangkung,S.Sos., M.I.Kom menginjakkan kaki di bumi ikan paus Kabupaten Lembata, 22 April 2022. Dan nampaknya tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi dengan suasana baru langsung melakukan gebrakannya terkait kelangkaan BBM yang di alami masyarakat Kabupaten Lembata yang penduduknya terbilang pluralistik atau beragam suku ini

AKBP Dr. Josephine Vivick Tjangkung, S.Sos., M.I.Kom lahir di kota Ende- Flores pada tanggal 15 Maret 1971. Polwan yang lahir di Kota Pancasila ini, merupakan putri dari pasangan Ayahnya asal Kabupaten Manggarai dan Ibunya dari Kabupaten Lembata.

Mengawali karirnya, sebagai Penyidik Pembantu di Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Setelah lulus menjadi seorang Perwira pada tahun 2002 ditempatkan di Pam Office Mapolda Metro Jaya.

Selanjutnya dipercayakan menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan di Polda Metro Jaya lanjut sebagai Kepala Bagian Pembinaan Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya, lalu kemudian dipercayakan menjabat sebagai Kapolres Lembata di daerah asalnya yang terkenal dengan negeri Ikan Paus itu.

Adapun sejumlah kasus yang pernah ditangani Vivick Tjangkung diantaranya yaitu penangkapan Zarima Mafsur Ratu Ekstasi Dunia, Dwi Sasono, Roy Kiyoshi, Restu Sinaga, Jefri Nichol, hingga Marcello Tahitoe alias Ello yang terlibat Kasus Narkoba.

Selain itu, AKBP Vivick Tjangkung pernah mengungkap kasus Laboratorium gelap yang memproduksi Narkoba di Indonesia.

Dr. Josephine Vivick Tjangkung, S.Sos., MI.Kom bertugas di Polres Lembata sebagai Kapolres selama lebih kurang satu tahun, dalam waktu yang singkat, Vivick Tjangkung begitu memberi kesan positif ditengah kehidupan masyarakat Lembata yakni para pemimpin Agama, Komunitas, para Awak Media, LSM, Staakeholder lainnya hingga masyarakat pelosok.

Vivick Tjangkung sangat dekat dengan masyarakat saat berkunjung di beberapa daerah di wilayah hukum Polres Lembata, tidak sedikit masyarakat begitu bahagia akan kehadiran putri daerahnya.

Begitulah kedekatan dan jiwa kepemimpinannya dengan masyarakat Lembata, apalagi dengan anggotanya menandakan komitmen antara pimpinan dan anggota bersinergi dengan baik.

Seorang pemimpin yang low profile, humble, apa adanya, kebaikannya tidak diragukan lagi, mengalir seperti air saja, tidak ada yang dipaksakan, terutama dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjalankan tugas tugas negara sebagai seorang Polisi.

“Inilah sosok yang menurut berbagai kalangan, termasuk figur pemimpin yang ideal. Jiwanya yang tegas, humanis, humoris, disiplin, dan apa adanya”.

Terakhir saat ditanya, apa kiat Ibu Kapolres bisa begitu dekat dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan Stakeholder lainnya,? Vivick menjawab, kiatnya dalam menjalankan tugas itu,bdilaksanakan dengan ikhlas. Bahwa tugas itu adalah amanah.

Pada prinsipnya “Seribu kawan terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak,”ucap AKBP Vivick Tjangkung mengutip pepatah Tiongkok.

Dimanapun berada, kata Vivick bahwa, yang terpenting “dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung,” katanya.

Selama menjalankan tugas sejak dipercayakan sebagai Kapolres Perwira menengah ini selalu mengedepankan rasa tanggung jawab terhadap negara dengan sesungguhnya. Sehingga, tidak sedikit kehadirannya di kalangan masyarakat diabadikan dalam momen di berbagai kegiatan kepolisian. Seperti situasi keamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 ini di wilayah hukum Polres Lembata yang berjalan aman dan nyaman.

)**Yuri

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *