delapanplus com – Manado, 

World Glaucoma Week diperingati secara global setiap tahun pada bulan Maret, Minggu Kedua. Dan di tahun 2024 ini masyarakat Kota Manado menggelar kegiatan meningkatkan kesadaran akan penyakit glaukoma, penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia. Yakni dengan Screening Glaucoma di lobby Hotel Aston, khususnya kepada para pesepeda dengan pemeriksaan tekanan bola mata.

Pemeriksaan tekanan intraokuler pada pesepeda sebelum dan sesudah bersepeda merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati World Glaucoma Week 2024.

Kegiatan screening glaukoma ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata mereka. Semakin banyak yang mengetahui tentang glaukoma dan pentingnya pemeriksaan mata secara berkala, semakin banyak penglihatan yang dapat diselamatkan.

Dr. Novanita dari Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Wilayah Sulawesi Utara menjelaskan pentingnya deteksi dini dalam mencegah kebutaan akibat glaukoma. Lantaran Glaukoma disebut sebagai pencuri penglihatan karena sebagian besar tanpa keluhan, ungkapnya.

Glaukoma adalah penyakit yang menyerang saraf mata manusia, tidak dapat disembuhkan, namun bisa dikendalikan. Oleh karena itu, pemeriksaan skrining menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan.

Menurut Dr. Novanita, risiko terkena glaukoma bagi seseorang meningkat hingga 6 kali lipat jika orang tua menderita penyakit ini. Oleh karenanya masyarakat diingatkan untuk segera memeriksakan mata mereka ke dokter mata terdekat, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan glaukoma.

“Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, kita bisa mencegah kebutaan permanen akibat glaukoma. Bersama-sama, kita bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah kehilangan penglihatan,” jelas Dr.Novanita.

)**Tjoek

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *