Salah satu agenda pelatihan sertifikasi juru sembelih hewan qurban bagi para pemotong hewan qurban di Jakarta SelatanSalah satu agenda pelatihan sertifikasi juru sembelih hewan qurban bagi para pemotong hewan qurban di Jakarta Selatan

Delapanplus – JAKARTA – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 H, yang akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 kepengurusan LDII wilayah Jakarta Selatan dari tingkat DPD, PC, PAC serta sejumlah majelis taklim binaannya telah melakukan konsolidasi. Terutama untuk tenaga juru sembelih halal ( Juleha ). Minggu, (16/6) 2024.

Dalam siaran resminya belum lama ini, Ketua DPD LDII Jakarta Selatan Mulyono  menjelaskan bahwa Menjelang Hari Raya Idul Adha, kami DPD LDII Jakarta Selatan telah melakukan persiapan menyeluruh yang melibatkan warga dan pengurus.

“Kami telah memberikan pengarahan tentang pentingnya Qurban, memastikan penggalangan dana serta pengumpulan hewan Qurban berjalan lancar, dan mengoordinasikan distribusi daging Qurban agar tepat sasaran,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Tahun ini, ada pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) sebagai bagian dari usaha LDII Jakarta Selatan dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan warga dalam mempelajari penanganan hewan Qurban yang baik dan benar.

“Semua upaya ini kami lakukan untuk memperkuat iman, mempererat silaturahim dan memastikan pelaksanaan ibadah Qurban sesuai dengan syariat Islam,” ungkap Ketua DPD LDII Jakarta Selatan.

Nantinya setiap majelis taklim binaan LDII Jakarta Selatan minimal akan menyiapkan satu shoter/ pemotong yang bersertifikat pelatihan Juleha.

Sementara tercatat sudah ada 76 orang juru sembelih hewan qurban yang siap di 76 majelis taklim dengan target tiap majelis taklim akan menyiapkan sekitar 400 kantong kurban bagi para mustahiq atau penerima daging qurban.

Para juru sembelih hewan qurban tersebut sebelumnya telah mendapatkan sejumlah pelatihan yang langsung diberikan oleh Lembaga Pendampingan Halal (LP3H) LDII Halal Center DPW LDII Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia,serta IPB Halal Center.

Kegiatan berlangsung daring di gedung serbaguna DPW LDII DKI Jakarta, Senayan. Acara ini bertujuan persiapan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam dan peraturan pemerintah, digelar pada Sabtu, (01/6) untuk angkatan pertama sebanyak 120 orang mubaligh yang didapuk majelis taklim di wilayahnya masing-masing untuk menjadi juru sembelih.

Sedangkan angkatan kedua digelar pada Minggu ( 16/6) 2024 secara ruring atau offline di masjid Baitul Fattah Cilandak, diikuti 100 orang peserta.

Para nara sumber pada pelatihan juru sembelih halal antara lain Kepala LP3H LDII Halal Center yang juga Ketua DPW LDII DKI Jakarta, Teddy Suratmadji, Staff Tenaga Ahli Pendampingan Sertifikasi Halal Rumah Potong Hewan Supply Chains Meat Livestock Australian, Agy Wirabudi Pranata dan Syamsuri Yudianto dari Halal Centre LDII.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *