Delapanplus.com – Jakarta,

Pembacaan Pakta Integritas Bamus Betawi 22 Juni 1982 oleh salah satu Pendiri Bamus Betawi Drs.H.Zainuddin, yang isinya menegaskan bahwa Bamus Betawi satu satunya Induk Organisasi Masyarakat Betawi. Bahkan sudah disepakati, disetujui dan dimasukan dalam Perda No.4 Tahun 2015. Ketua Umum Bamus Betawi, Riano P.Ahmad, SH menegaskan Kota Jakarta, Kota Global. Jadi semua tantangan harus kita hadapi dan Bamus Betawi harus Bersatu !!! Selamat Milad Bamus Betawi ke -42 tahun, ucapnya di panggung Kampung Betawi arena PRJ JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat (29/6).

Seperti diketahui, Milad ke – 42 Bamus Betawi jatuh pada 22 Juni 2024, sekaligus Milad Kota Jakarta ke – 497 tahun. Pastinya memiliki tantangan kedepan yang besar, meski statusnya tidak lagi sebagai Ibukota Jakarta.

Oleh karenanya, Kota Jakarta yang berubah menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) harus tetap eksis, sebagai Kota Global, kota bertaraf internasional seperti kota kota lain di dunia. Jadi Bamus Betawi harus siap karena banyak hal penting yang harus disiapkan, lanjut Ketua Umum Bamus Betawi, Riano P.Ahmad, SH dihadapan undangan yang hadir antara lain Wakil Ketua Umum Muhidin Muchtar, Pendiri Bamus Betawi Hidayat Nafis dan Drs.H.Zainuddin, Tokoh Betawi Iben Darto, para Ketua Ormas Bamus Betawi, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Betawi. Selain hadir pula Perwakilan JIExpo Mpok Silvi, Bang Indra, serta Pimpinan Lingga Karya Cemerlang Mpok Dra.Hj.Farida Listuti dan juga para undangan lainnya.

Oleh karenanya, kehadiran Bamus Betawi hadir ditengah tengah masyarakat Jakarta sudah tepat, berdasarkan legalitasnya bukan dengan hadir main otot, main nge-move. Sehingga masyarakat Betawi pada khususnya dan umumnya masyarakat Jakarta, dapat mengembangkan dirinya serta mengeksplore Budaya Betawi dengan berkolaborasi kepada semua pihak, bisa berkompetitif, jelas Riano P.Ahmad, SH, lagi.

Ketua Umum Bamus Betawi meyakini pihak JIExpo juga memahi dan bersikap profesional untuk tidak sembarangan memberikan kepercayaannya. Alhamdulillah Bamus Betawi dapat menjalankan amanah yang dipercayakannya dengan baik lewat hadirnya Kampung Betawi di JIExpo Kemayoran ini.

“Apresiasi kepada JIExpo Kemayoran yang telah turut peduli dan perhatian terhadap Budaya Betawi, terhadap kearifan lokal Budaya Betawi. Semoga Kampung Betawi semakin tahun semakin berkembang. Dan Bamus Betawi melalui Lingga Karya Cemerlang dibawah Pimpinan Mpok Dra.Hj.Farida Listuti bisa menjadi EO yang baik, bekerja dengan baik, sehingga berlangsung dengan lancar,
terus berkembang terus berjalan,” tukas Ketua Umum Bamus Betawi Riano P.Ahmad, SH.

Apalagi PRJ merupakan event nasional yang sudah booming dan ikonik. Event yang juga jadi kebanggaan buat diluar Kota Jakarta, jelasnya lagi.

Sedangkan Pimpinan Lingga Karya Cemerlang (LKC) Mpok Dra Hj Farida Listuti menambahkan bahwa LKC mendapat mandat dari Bamus Betawi untuk memfasilitasi Kampung Betawi, juga Budaya Betawi di Blok D dan F PRJ JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang juga sekaligus amanah dari Manajemen JIExpo Kemayoran. Sehingga dalam pelaksanaannya LKC juga melibatkan para anggota Bamus Betawi, yang tentunya semua sudah disinergikan dengan pihak JIExpo Kemayoran.

Budaya Betawi yang menjadi ikon PRJ JIExpo Kemayoran Jakarta, lanjut Mpok Farida tidak hanya hadir di Blok F, tetapi juga di Blok D, dimana di Blok D PRJ JIExpo Kemayoran khusus hadir kuliner khas Betawi. Mulai dari Dodol Live, Kerak Telor hingga Putu Mayang, hingga Pernak Pernik khas Betawi hadir disana.

LKC juga mengapresiasi hadirnya sponsorship dari Le minerale dan Teh Pucuk, juga kepada para pedagang dan pengunjung di Kampung Betawi Blok F selama ini. Tercatat ada 14 pedagang yang berasal dari Ormas Bamus Betawi serta masyarakat sekelilingnya, juga pedagang yang hadir dari luar Jakarta untuk mensukseskan PRJ Kemayoran di Kampung Betawi. Bahkan didepan Gapura Kampung Betawi sengaja dihadirkan Dodol Betawi live yang menjadi ikon Kampung Betawi.

Tidak itu saja, Kampung Betawi PRJ JIExpo Kemayoran juga menghelat sejumlah kegiatan Full 30 hari mulai dari karaoke, senam, tarian, fashion show, dan lain sebagainya, ungkap Pimpinan Lingga Karya Cemerlang (LKC) Mpok Dra. Hj.Farida Listuti dalam laporannya.

Sementara Mpok Silvi selaku Perwakilan JIExpo Kemayoran berharap Bamus Betawi dengan Kampung Betawi di area PRJ JIExpo Kemayoran yang dekat dengan Gate F ini, bisa terus maju dan sukses. Bisa di tata lebih baik lagi, dengan inovasi inovasi yang baru. Sehingga Kampung Betawi di PRJ JIExpo Kemayoran juga menjadi Ikonnya Bamus Betawi dan JIExpo Kemayoran. Masyarakat turut mengandrunginya untuk datang. Bahkan Mpok Silvi berharap disisa waktu dua pekan lagi ini, Bamus Betawi dapat menghadirkan banyak Ondel Ondel Besar untuk menjadi daya tarik anak anak. Sehingga anak anaknya sudah tertarik maka orang tuanya pasti mengikuti keinginan anak anaknya, saran Mpok Silvi selaku Perwakilan JIExpo Kemayoran.

Selanjutnya rangkaian Milad Ke -42 Bamus Betawi dipungkasi dan dimeriahkan dengan hadirnya puluhan makanan khas Betawi yang berasal dari 52 Ormas Bamus Betawi.

)**Yuri

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *