PLN UP2B Jawa Tengah & D.I Yogyakarta Tingkatkan Skill KWT  Sumber Hasil Melalui Program TJSL

Semarang, Delapanplus.com  – 

PLN UP2B Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berikan bantuan pelatihan ternak kambing dan pembuatan kompos dari kotoran hewan (kohe) domba kambing dan pakan ternak (silase) untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Hasil, Kabupaten Semarang.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat, khususnya kaum perempuan di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Lerep.

Bekerja sama dengan Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang, para peserta pelatihan dibekali ilmu dari narasumber yang berpengalaman dalam beternak, mengolah pakan ternak, hingga memanfaatkan kohe menjadi kompos yang berkualitas.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan keterampilan baru, tetapi juga untuk membuka peluang ekonomi bagi KWT Sumber Hasil.

Nantinya, KWT Sumber Hasil akan diberikan sejumlah ternak dan kandang sebagai salah satu sarana edukasi wisata di Desa Wisata Lerep.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan KWT Sumber Hasil menjadi kelompok wanita tani yang mandiri dan bisa berdiri di kaki sendiri (berdikari), hal ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 8 sebagai upaya pemberdayaan ekonomi wanita dan kelompok rentan lainnya.

Munawwar Furqan selaku General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali menyampaikan harapannya, program ini sebagai bekal KWT Sumber Hasil mengoptimalkan potensi untuk membangun perekonomian lokal.

“Melalui program ini, PLN ingin memberikan lebih dari sekedar bantuan; tapi juga bekal bagi KWT Sumber Hasil untuk bisa menjadi lebih mandiri dan berdaya saing. Melalui keterampilan yang didapatkan, kami berharap KWT mampu mengoptimalkan potensi yang ada untuk turut serta dalam pembangunan ekonomi lokal,” ungkap Munawwar

Sulistyowati selaku Ketua KWT Sumber Hasil mengapresiasi program pelatihan ini dan berharap melalui program ini, Kelompok Wanita Tani bisa terbantu untuk dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

“Terima kasih PLN, Kelompok Wanita Tani Sumber Hasil diberikan pelatihan pengolahan pakan serta kotoran hewan serta beberapa ternak yang dapat dibudidayakan. Semoga dengan adanya bantuan ini kami mampu menjadi kelompok wanita tani yang mandiri serta mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” ucap Sulistyowati.

)**eccamaya

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *