Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Disetujui Komisi III DPR RI, Menpora Dito Ariotedjo Sangat Mengapresiasi

Jakarta, Delapanplus.com –

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Menkumham Supratman Andi Agtas, telah menyetujui pemberian kewarganegaraan RI terhadap dua pemain sepak bola atas nama Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Dalam Rapat Kerja yang berlangsung di ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta (17/9), Rapat sangat cepat dan alhamdulillah terima kasih Komisi III telah mendukung dan bisa dilihat dari betapa cepatnya rapat dilakukan.

“Selanjutnya kami akan lanjut ke Komisi X DPR RI, setelah itu insha Allah akan kita kawal sampai diberikan kewarganegaraan,” tutur Menpora Dito Ariotedjo.

Proses naturalisasi kedua pemain muda ini memiliki dua tujuan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek (dibawah 5 tahun) dimaksudkan terhadap pemberdayaan atlet yang diperlukan untuk FIFA World Cup 2026, Asian Qualifier Round 3/2024 dan 2025, Asean Mitsubishi Electric Cup 2024, AFC Asian Cup Saudi Arabia 2027. Sementara untuk proyeksi jangka panjang diatas 5 tahun yaitu untuk target ranking 100 besar FIFA atau 10 besar Asia – FIFA Matchday.

Sebelumnya dihadapan Komisi III DPR RI, Menpora Dito Ariotedjo telah membacakan beberapa dasar hukum, informasi fisik dan teknik, pertimbangan, profil, catatan karier serta kelebihan dari kedua atlet calon WNI tersebut.

“Alhamdulillah kita baru saja selesai rapat bersama Pak Menkumham dan PSSI dengan Komisi III DPR RI terkait pertimbangan pemberian kewarganegaraan untuk dua atlet naturalisasi kita, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers,” jelas Menpora Dito Ariotedjo didampingi Sesmenpora Gunawan Suswantoro usai Raker dengan Komisi III DPR RI.

Menpora Dito Ariotedjo sekali lagi sangat mengapresiasi serta berterima kasih atas dukungan dan persetujuan seluruh Anggota dan pimpinan Komisi III DPR RI untuk kedua atlet sepak bola yang akan memperkuat Tim Nasional Indonesia. Dan sesuai dengan target PSSI untuk bisa digunakan atau difungsikan pada Oktober 2024 ini. Jadi ini kita akan terus mengawal dan memastikan ini bisa sesuai.

“Baik, kita telah mendengarkan pertimbangan oleh Menpora terhadap dua atlet Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, kepada Pak Menpora mungkin semua data telah diperiksa dan sudah clear,” ujar Pimpinan Rapar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh bersama dengan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir.

“Semua setuju ya. Baik, dengan telah disetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers maka selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini. Kami pimpinan Komisi III mengucapkan terima kasih kepada Menpora dan Menkumham beserta seluruh jajaran atas kedatangannya, demikian, terima kasih,” lanjutnya.

Sebagai catatan penting bahwa Komisi III DPR RI telah memberikan persetujuan pemberian kewarganegaraan usai mendengar paparan dari Menpora Dito Ariotedjo yang kemudian dikuatkan oleh Menkumham yang juga telah melakukan cek data sesuai peraturan perundang – undangan.

)**Yuri Pribadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *