Turnamen KGC Cup 1 Mendorong Masyarakat Ikut Memainkan Olahraga Gateball di Indonesia

Jakarta, Delapanplus.com –

“Turnamen KGC Cup 1 sangat layak kita apresiasi. Dan Asdep Olahraga Masyarakat Kemenpora mendorong bagaimana masyarakat menjadi bagian yang ikut memainkan olahraga Gateball ini ,” ujar Asdep Olahraga Masyarakat Kemenpora, Suyadi Prawiro. Dan hal ini sesuai harapan Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) agar olahraga Gateball asal Jepang ini bisa dipertandingkan di SEA Games dan Asia Games, setelah sebelumnya turut ambil bagian pada penyelenggaraan PON.

Oleh karena itu, penyelenggaraan KGC Cup 1 patut diapresiasi dalam memasyarakatkan dan memassifkan olahraga Gateball di Tanah Air. Apalagi Gateball bukanlah olahraga yang memerlukan banyak tenaga seperti olahraga pertandingan lainnya semisal bola voli. Karenanya olahraga Gateball perlu didorong untuk bisa menjadi makin masif, salah satunya melalui turnamen KGC Cup 1 ini, ujar Asdep Suyadi Prawiro.

Perlu diketahui, Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Suyadi Pawiro telah membuka turnamen Kemenpora Gateball Club (KGC) Cup 1 di Lapangan RSON Cibubur (28/9) dan berakhir hari ini (29/9). Dan KGC Cup 1 diikuti 48 tim dari berbagai daerah meliputi Jabodetabek, Jawa Barat, hingga Jambi dengan total peserta lebih dari 400 orang. Pada hari pertama Sabtu (28/9), dipertandingkan nomor beregu putri, sedangkan pada Minggu (29/9) dipertandingkan nomor beregu putra.

Asdep Olahraga Masyarakat Kemenpora, Suyadi Prawiro pun mengharapkan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) turut mendorong KGC Cup ini bisa meningkat menjadi kejuaraan nasional (Kejurnas). Kemenpora siap berkolaborasi dengan Pergatsi dan pihak-pihak terkait demi memassalkan dan memasifkan olahraga Gateball.

“Kami di Olahraga Masyarakat tentunya dengan senang hati berkolaborasi untuk bagaimana kita bisa merancang strategi pemasalan, pemasifan, pada saat yang bersamaan untuk kemudian kita bangun menjadi olahraga prestasi yang lebih baik,” jelas Asdep Olahraga Masyarakat Suyadi Prawiro lagi.

Sedangkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pergatsi Puja Samedi menegaskan, “Kami berharap turnamen kali ini akan menjadi cikal bakal turnamen yang lebih besar dalam skala nasional atau internasional. Mudah-mudahan bisa terlaksana. Insyaallah dengan dukungan Kemenpora, mimpi ini gampang terwujud,” tutur Sekjen Puja Samedi.

Kepada para peserta, Sekjen Pergatsi berpesan untuk selalu mengedepankan sportivitas dalam pertandingan. Kata dia, kemenangan memang merupakan mimpi bersama dalam setiap kegiatan, namun yang lebih utama adalah persaudaraan di antara para peserta.

“Kami berharap agar kemenangan – kemenangan di turnamen ini diraih dengan menjunjung sportivitas yang tinggi, dengan fair play. Sehingga pada saat nanti keluar dari arena walaupun kalah tetap tersenyum,” pesan Puja seraya meminta wasit mengedepankan fair play dalam memimpin pertandingan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Harian KGC yang juga Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Triyono dan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Subroto.

)**Yuri Pribadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *