Menpora Dito Ariotedjo, Collab Rangers : Kolaborasi Membangun Generasi Pemuda Tangguh, Maju, dan Berdaya Saing, Menuju Indonesia Emas

Jakarta, Delapanplus.com –

Saat menghadiri Forum Kolaborasi Pemuda untuk pengurangan risiko bencana di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta (4/10), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap momentum ini sebagai tonggak awal perubahan besar membangun generasi pemuda yang tangguh, maju, dan berdaya saing, yang siap membawa Indonesia menuju Indonesia Emas.

“Inilah saatnya bagi kita untuk mengambil peran utama dalam membangun masyarakat tangguh bencana. Forum ini memberikan ruang bagi kita untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, saling belajar, dan menguatkan satu sama lain,” terang Menpora Dito Ariotedjo.

 

Dengan semangat kolaborasi, berharap program Collab Rangers yang digelar 2-5 Oktober 2024 dapat membahas berbagai isu diantaranya adalah membangun ketahanan ekonomi masyarakat dalam konteks pengurangan risiko bencana. Kemudian meningkatkan popularitas isu pengurangan risiko bencana.

Sekaligus berdiskusi mengenai edukasi pengurangan risiko bencana di wilayah 3T. Dan yang terakhir membahas perancangan panduan peran, partisipasi, dan perlindungan pemuda dalam penanganan bencana Indonesia.

Lebih lanjut, Menpora Dito bilang kegiatan ini juga sekaligus meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) pada sektor kepemimpinan dan partisipasi. Tak hanya itu, Menpora Dito yakin Collab Rangers menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko bencana dengan berbagai pelatihan yang dilakukan.

“Forum ini juga menjadi implementasi nyata dari Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor untuk Pelayanan Kepemudaan. Kita sudah berada di jalur yang tepat, dan saya yakin sinergi ini akan membawa perubahan yang signifikan,” jelas Menpora Dito.

)**Yuri Pribadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *