KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 Diikuti 450 Atlet 21 Negara se-Asia, Menpora Dito Ariotedjo Bangga

Tangerang, Delapanplus.com –

Kejuaraan KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 yang diikuti sebanyak 450 atlet dari 21 negara se-Asia. Sekaligus kejuaraan internasional pertama yang diselenggarakan PBTI. Dan Menpora Dito Ariotedjo bangga setelah 13 tahun Indonesia tidak pernah menggelar kejuaraan internasional taekwondo.

Selamat bertanding kepada seluruh atlet, tunjukkan semangat, dedikasi dan sportivitas, semoga kejuaraan Taekwondo tingkat Asia bertajuk KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 di Sport Center Indoor Tangerang, Banten (15/10) memberi inspirasi dan prestasi bagi kita semua, demikian ditegaskan Menpora Dito Ariotedjo didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono saat secara resmi membuka kejuaraan tersebut.

“Pertama-tama kami Kemenpora ingin mengapresiasi kepada Ketua Umum PB TI, yang telah bekerja keras menggelar kejuaraan tingkat Asia yang sudah 13 tahun tidak diadakan. Dan hari ini ada 21 negara yang turut berpartisipasi,” kata Menpora Dito Ariotedjo saat membuka kejuaraan.

Adapun negara peserta pada Kejuaraan KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 ini yakni, Brunei Darussalam, Haiti, Hongkong, India, Jepang, Kazakhstan, Korea, Libanon, Makau, Malaysia, Nepal, Pakistan, Philipina, Rwanda, Singapura, Tajikistan, Timor Leste, Usbekistan, Yaman, Atlet Individual Netral dan Indonesia. Ajang ini mempertemukan para atlet taekwondo terbaik se Asia, juga dalam rangka HUT TNI ke-79 tahun, jelas Ketua Umum PB TI Richard Tampubolon.

Bahkan kejuaraan ini merupakan kompetisi ranking ke 2 dunia atau G2 yang akan berpengaruh pada peringkat atlet seluruh dunia, imbuhnya lagi pada acara yang dihadiri oleh Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman, Presiden ATU Kyu Seok Lee.

“Kedepan semoga cabang olahraga taekwondo lolos ke Olimpiade 2028 Los Angeles. Kami sangat berharap taekwondo bisa berkontribusi medali emas untuk Indonesia,” harap Menpora Dito Ariotedjo.

 

Di Indonesia Cabor Taekwondo berkembang pesat hingga lebih dari 500 ribu pegiat yang dilatih 6 ribu pelatih berlisensi yang siap mengantarkan generasi muda kita menuju prestasi lebih tinggi di tingkat regional dan global serta terus berprestasi di tingkat internasional. Cabor taekwondo pada Asian Games 2023 di Cina, menyumbangkan 2 medali emas dan 1 perunggu, urai Menpora Dito Ariotedjo.

Cabor Taekwondo memiliki peran sangat penting membentuk karakter pemuda bangsa. Taekwondo memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang tangguh, disiplin dan berjiwa besar, ujar Menpora yang berharap, cabang olahraga taekwondo bisa lolos Olimpiade 2028 Los Angeles.

Dan bangsa Indonesia sangat berkomitmen dalam mengembangkan cabang olahraga taekwondo hingga mampu melahirkan atlet-atlet berlevel dunia.

“Sebagai bangsa yang berkomitmen dalam perkembangan olahraga, Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah kejuaraan KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 ini,” ujar Menpora pada kejuaraan yang digelar hingga 19 Oktober 2024 mendatang.

Sementara Kontingen Indonesia sebagai tuan rumah juga tidak mau kalah. Setidaknya, diikuti oleh pengurus taekwondo dari seluruh provinsi di Indonesia, termasuk dari TNI dan Polri. Selain banyak juga atlet yang kemarin tampil di Olimpiade Paris, pelatih dari Korea Selatan, kita ada 14 di kategori Kyorugi dan 14 di kategori Poomsae.

“Jadi total, ada 28 tim nasional yang turun dan kejuaraan ini memiliki makna yang baik bagi taekwondo Indonesia untuk menuju roadmaps Olimpiade LA 2028. Tapi ingat juga kedepan juga ada SEA Games dan Asian Games, ini membutuhkan kerjasama semua pihak, jelas Ketua Umum PB TI Richard Tampubolon, lebih lanjut.

)**Yuri

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *