delapanplus com – Jakarta,

Daur Untuk Negeri (DAURI) merupakan Gerakan Kampanye kolaborasi PT.Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak untuk menjaga lingkungan dengan mengumpulkan sampah kemasan pasca konsumsi dari Hoka-Hoka Bento (HokBen) termasuk di dalamnya kemasan teh Sosro.

Gerakan ini sepenuhnya dilatarbelakangi oleh krisis sampah yang dialami Indonesia, sampah yang tak tertanggulangi meningkatkan posisi negeri ini menjadi salah satu negara penyumbang sampah terbanyak di dunia. Sesuai data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan berdasarkan data di Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2023, Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik.

Gerakan DAURI ini merupakan gerakan berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen Indonesia.

 

Nantinya, sampah yang dikumpulkan tersebut akan didaur ulang menjadi cenderamata seperti notebook, hingga holder untuk smartphone. Pelanggan yang membeli paket atau menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman, dan makanan.

“Kemudian, alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan dan mengumpulkan poin untuk mendapat cenderamata tersebut, hingga paket menu HokBen,” ungkap Sugiri Willim selaku Direktur Marketing PT Eka Bogainti (HokBen).

Dan di 100 restoran HokBen yang tersebar secara nasional, akan mengajak konsumen restoran HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Begitu pula kemasan dropbox yang disiapkan dan dibuat dari bahan polimer, juga aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum, dimana semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

Sugiri Willim optimistis kolaborasi ini dapat membawa dampak yang positif bagi lingkungan hidup.

“DAURI akan dilakukan di 100 restoran HokBen yang tersebar secara nasional. Kami mengajak konsumen berpartisipasi menyetor kembali kemasan minuman, makanan, dan alat-alat makan satu kali pakai untuk kemudian akan kami daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat,” katanya.

Sedangkan Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti mengatakan, pihaknya berkomitmen dengan kolaborasi ini.

“Sosro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya untuk mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan pasca konsumsi. Pihaknya optimis dapat memperpanjang jangkauan gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

)**Nuha/JoI/Yuri

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *