Delapanplus.com – Jakarta,

Nikmati sejuta masakan Nusantara, khususnya hidangan tradisional Aceh, yang kaya akan cita rasa dan sejarah. Hanya di Rumah Makan Aceh ‘Mangat’ !! Lewat menu andalannya ‘Kuah Beulangong’ atau kerap disebut juga ‘Gulee Sie Kameng’, yang siap memanjakan lidah Anda dengan kelezatannya yang otentik.
Terlebih ‘Resep Spesial’ yang kami sajikan di Rumah Makan Aceh Mangat adalah warisan turun-temurun dari leluhur kami.

Kuwah Beulangong adalah masakan khas Aceh yang menggunakan bahan utama daging sapi dan nangka muda. Hidangan yang dimasak dalam belanga besar, dipadukan dengan potongan pisang kepok, serta diracik menggunakan cabai kering, kelapa gongseng, kayu manis, dan berbagai rempah lainnya. Hummmm … sedapnya …

Proses memasak ‘Kuah Beulangong’ dalam tradisi Aceh memiliki keunikan tersendiri, di mana hanya laki-laki yang diperbolehkan untuk memasak, dan cara mengaduknya dilakukan berlawanan arah jarum jam, sambil bersalawat, menambah berkah dan keistimewaan pada masakan ini.

Hidangan dengan sejarah yang kaya, yang berasal dari masyarakat Aceh Besar ini. Hidangan yang tercipta dari para pedagang India dengan memadukan daun kari di padukan dengan rempah-rempah Nusantara.

Pada awalnya, sajian ini disebut ‘Kuah Blang’ oleh para petani di Aceh Besar. “Blang” dalam bahasa Aceh berarti sawah, mencerminkan asal muasal hidangan ini yang dimasak di tengah sawah dengan periuk tanah dan jerami padi sebagai sumber apinya.

Seiring waktu, hidangan ini menjadi populer dalam berbagai perayaan di Aceh, seperti pesta pernikahan, lebaran, dan tahun baru Islam. Kami dengan bangga mengumumkan bahwa ‘Kuah Beulangong’ telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2008.

Selain ‘Kuwah Beulangong’, Rumah Makan Aceh Mangat juga menyajikan berbagai menu khas Aceh lainnya seperti Ayam Tangkap, Sie Reuboh, dan Sambal Ganja, yang terkenal dengan kelezatannya.

Kami mengundang Anda untuk datang dan menikmati sajian istimewa dari Rumah Makan Aceh Mangat, yang terletak di Tanah Kusir, Jakarta. Rasakan kelezatan dan kekayaan budaya kuliner Aceh di setiap suapannya.

Dan setiap hidangan di Rumah Makan Aceh Mangat disiapkan dengan penuh dedikasi dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk memastikan pengalaman kuliner yang autentik dan memuaskan.

)**D Junod

Ikuti kami di media sosial:
Instagram: @acehMANGAT
#Gofood : RM Aceh MANGAT
#Grabfood : RM Aceh MANGAT
#Shopeefood : Rumah Makan Aceh MANGAT

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *