Jakarta, Delapanplus.com –

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto mengadakan acara “Seminar Inovasi Sel dan Turunannya dalam Terapi Regeneratif Masa Depan di RSPAD Gatot Soebroto” , bertempat di Auditorium dr. R.M. Partomo Lt. VI Gedung Prof. Dr. Satrio, Jakarta Pusat (10/07).

Ws Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Moh. Arif Hariyanto, Sp.B,. FICS mengungkapkan bahwa seiring dengan berkembangnya terapi sel, terdapat beberapa tantangan mengenai pengaplikasiannya yang melibatkan beberapa aspek,di mana memerlukan pemahaman mendalam dan koordinasi untuk mengatasinya sehingga dibutuhkan suatu forum untuk membahas penelitian terkini maupun uji klinis untuk mengantarkan terapi sel menjadi layanan terstandar.

“Aspek tersebut meliputi masih kurangnya pemahaman umum mengenai terapi sel terutama di kalangan masyarakat umum dan tenaga medis serta isu regulasi hukum yang terkait dengan terapi sel. Selain itu, meskipun terapi sel menjanjikan potensi penyembuhan luar biasa, namun masih terdapat tantangan terkait dengan keamanan dan efikasi klinis,” jelas Ws Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Di sisi lain, dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini,terapi sel telah menjadi salah satu terobosan revolusioner dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Terapi sel merupakan suatu pendekatan terapeutik yang merujuk pada pemberian materi seluler autologous maupun alogenik ke dalam tubuh pasien untuk tujuan pengobatan, katanya.

“Pendekatan terapi sel yang dapat meregenerasi sel dan jaringan telah memberikan harapan baru pada pasien dalam mengatasi berbagai kondisi medis seperti penyakit degeneratif dengan potensi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Sebagai rumah sakit terbaik di kelasnya,RSPAD Gatot Soebroto ikut berperan dalam penelitian dan pengembangan terapi sel serta turunannya termasuk sel punca dan sel imun di Indonesia dengan menghadirkan pelayanan terapi dengan teknologi yang terdepan,” paparnya.

Hadir Menkes RI yang diwakili oleh Wamenkes RI,Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D., Mantan Kepala RSPAD Letnan Jenderal TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL.,M. A.R.S., Direktur PT. Prodia StemCell Indonesia Dr. Cinthya R Sartika, MSi yang juga menjadi Moderator dalam Seminar dan Pejabat Tinggi tamu undangan.

Ws. Kepala RSPAD Gatot Soebroto pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Narasumber, Moderator, panitia penyelenggara, PT. Prodia StemCell Indonesia dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam dalam terselenggaranya acara ini.

)**Git/RSPAD

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *