Place de la Concorde Jadi Arena Opening Ceremony Paralimpiade Paris 2024 : Ragam Budaya Nusantara Ditampilkan Kontingen Indonesia

Paris, Delapanplus.com –

Jalanan Place de la Concorde menjadi arena Opening Ceremony Paralimpiade Paris 2024 dari berbagai negara peserta, dan Kontingen Indonesia menghadirkan keragaman budaya Nusantara untuk diperlihatkan pada dunia.

“Kontingen Indonesia menampilkan kekayaan budaya Nusantara lewat keindahan baju adat Tanah Air di Opening Ceremony Paralimpiade 2024 Paris. Fashion Show Kontingen Indonesia di Place de la Concorde ini dengan konsep berbeda. Dan Kontingen Indonesia diwakili 11 atlet, 13 ofisial dan enam anggota Chef de Mission saat defile opening ceremony Paralimpiade 2024”, jelas Wakil Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto.

Ini menjadi sejarah untuk pertama kalinya defile Paralimpiade dilakukan di jalan raya yang menjadi icon kota Paris, Place de la Concorde. Kita menjadi ikut optimis dan excited untuk defile yang akan menjadi hari bersejarah ini, lanjut Rima Ferdianto lagi.

“Untuk konsep bajunya, kita menunjukkan keberagaman nusantara. Ada tenun batik, tenun ikat, tenun lurik, serta ada parade baju adat Indonesia dari seluruh wilayah Indonesia. Ada baju adat dari beberapa daerah yang mewakili pada saat opening ceremony, sehingga kekayaan budaya Indonesia akan ditampilkan secara harmonis dan ikut melambangkan keberanian tim Indonesia di Paralimpiade,” tukas Rima Ferdianto.

Dan Opening Ceremony Paralimpiade 2024 kali ini pun bertambah semarak, dengan hadirnya aktor layar lebar internasional, Jackie Chan, sebagai salah satu pembawa obor Paralimpiade 2024.

Sementara itu, Leli Marlina merasa bangga dipercaya membawa bendera Merah Putih saat defile kontingen pada opening ceremony Paralimpiade 2024. Kesempatan ini menambah percaya diri untuk berprestasi pada cabor para tenis meja.

Seperti diketahui, Leli Marlina dan Muhammad Fadli Imammudin terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Leli Marlina merupakan satu-satunya atlet para tenis meja yang tampil pada Paralimpiade 2024. Sementara Muhammad Fadli Imammudin merupakan satu-satunya atlet para balap sepeda yang lolos pada ajang empat tahunan ini.

“Ini merupakan momen yang sangat spesial untuk saya dan saya merasa sangat bangga karena dapat mewakili Indonesia di Paralimpiade Paris ini. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat negara kita bangga,” ucap Leli Marlina.

Perlu diketahui, 35 atlet Indonesia akan memulai pertarungan setelah melakukan persiapan berkelanjutan sejak tahun 2021 lalu. Leli Marlina dkk. ditarget membawa pulang satu medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu.

)**Yuri Aghnia

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *