Delapanplus.com – Jakarta,

Immunotherapy atau imunoterapi adalah merupakan pengobatan kanker dengan cara mendorong kerja sistem kekebalan tubuh. Sekumpulan sel khusus dapat bertugas melindungi tubuh dari serangan infeksi dan berbagai penyakit hingga mampu mendeteksi partikel asing yang menginvasi tubuh.

Letnan Jenderal TNI Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad., salah satu penggagas layanan Imunoterapy, menjelaskan bahwa meskipun bidang ini masih baru di Indonesia, hal tersebut menunjukkan kemajuan signifikan dalam pelayanan kesehatan.

Dari segi teknis, imunoterapi menggunakan sel dendritik yang berfungsi sebagai pembawa antigen terkuat yang dihasilkan dari sumsum tulang belakang. Sel-sel ini memiliki tanggung jawab dalam merangsang respons kekebalan tubuh dan menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia.

“Sel inilah yang kemudian dilatih di luar tubuh seseorang untuk menjadi sel pemicu imunitas pada penyakit tertentu,misalnya kanker,” kata mantan Menkes RI,Letnan Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. (02/07).

Kehadiran layanan Imunoterapi ini akan menjadi stimulus bagi penelitian lebih lanjut dalam pengobatan kanker dan penyakit serupa.

“Ini juga bisa menjadi ajang riset berkaitan dengan kanker. Karena pelayanan kesehatan tanpa didukung dengan kekuatan riset tidak akan ada kemajuan,” jelasnya.

Sebagai suatu tonggak penting dalam perawatan kesehatan Indonesia, Imunoterapi Nusantara by Terawan tidak hanya memberikan harapan bagi pasien, tetapi juga membangkitkan semangat inovasi dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Imunoterapi Nusantara by Terawan adalah langkah progresif dalam memperluas pilihan pengobatan bagi masyarakat. Dengan demikian, Imunoterapi Nusantara by Terawan menawarkan harapan baru bagi pasien kanker di Indonesia.

)*Sigit

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *