Dianjurkan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Tubuh dan Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Tanah Datar, Delapanplus.com –

dr. H .Suir Syam, M.Kes., MMR, Anggota Komisi IX DPR RI, menjelaskan bahwa masyarakat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh masyarakat secara rutin, dan masyarakat dianjurkan untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah agar terhindar dari penyakit.

“Jadi masyarakat harus jauh dari penyakit, apabila masyarakat tidak sehat maka kehidupan masyarakat tersebut tidak akan tenang sehingga pikiran tidak akan konsentrasi untuk mencari nafkah,” ujar dr. H .Suir Syam, M.Kes., MMR, yang terungkap saat Kegiatan Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana bersama Mitra Kerja TA 2024 di Provinsi Sumatera Barat, di Gedung Serbaguna SMAN 1, Nagari Batipuh Baruah, Kec. Batipuh, Kab. Tanah Datar (12/9).

Kegiatan Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana bersama Mitra Kerja TA 2024 di Provinsi Sumatera Barat, di Gedung Serbaguna SMAN 1, Nagari Batipuh Baruah, Kec. Batipuh, Kab. Tanah Datar ini, juga menghadirkan narasumber Dra. Nurbaiti Djabang selaku Ketua Tim Lini Lapangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, dan Anita Rahmawati Annur, SKM, selaku Analisis Kesejahteraan Keluarga DPMDPPKB Kab.Tanah Datar.

Setidaknya ada 7 langkah yang harus diterapkan pada masyarakat, yaitu gerakan masyarakat untuk berolah raga, budayakan membiasakan hidup tidak merokok, karena merokok sangat berbahaya pada manusia, terutama pada ibu hamil dan anak -anak.

Dan masyarakat sebaiknya menjauhkan diri dari asap rokok, hindari dari obesitas, dan membiasakan pola hidup sehat, demikian harapan yang disampaikan dr. H .Suir Syam, M.Kes., MMR, Anggota Komisi IX DPR RI. Bahkan. lebih lanjut dikatakannya penting pula secara rutin melakukan cek kesehatan badan ke rumah sakit atau dokter.

Salah satu contohnya yakni ancaman penyakit tidak menular seperti penyakit gula yang disebabkan makanan dan minuman siap saji yang beredar di tengah masyarakat. Hal itu dapat menimbulkan penyakit, tambah dr. H .Suir Syam, M.Kes., MMR, Anggota Komisi IX DPR RI.

Sehingga dalam kegiatan ini sekaligus bentuk edukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dan teliti sebelum memutuskan membeli dan konsumsi obat dan makanan. Oleh karenanya, perlu menekankan bagaimana mengkomunikasikan sebuah informasi supaya tidak bias dalam pemahamannya oleh masyarakat.

“Sudah menjadi tugas kita sebagai Anggota Dewan dari komisi IX DPR-RI untuk mensosialisasikan kewaspadaan dini, dan respon penyakit potensial. Bahkan wajib melibatkan Dinas Kesehatan, organisasi Germas, untuk bisa mengatasi dan mencegah timbul dan berkembangnya penyakit berbahaya di lingkungan masyarakat” tukasnya.

Sebagai anggota DPR-RI Komisi IX, dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar I, membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan, tentu merasa bertanggung jawab kepada masyarakat yang diwakilinya. Terutama dalam menjaga kesehatan, serta dalam bidang ketenagakerjaan.

)**Yuri

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *